Perkembangan Teknologi dan Implikasinya Terhadap Kehidupan Masyarakat

 

Dalam Dictionary of Science, teknologi didefinisikan sebagai penerapan pengetahuan teoritis kedalam masalah-masalah praktis. Pada hakikatnya teknologi merupakan penerapan ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir kedalam tugas-tugas praktis (Galbraith dalam AECT). Teknologi merupakan bagian dari kehidupan manusia, makin maju suatu peradaban maka makin maju banyak dan canggih pula teknologi yang digunakan.

Sementara itu, teknologi komunikasi adalah sarana dan prasrana struktur kelembagaan dan nilai-nilai sosial yang dikumpulkan, disimpan, diolah, dan dipertukarkan informasi sehingga memungkinkan untuk terjadinya persamaan persepsi dan tindakan. Artinya, proses pertukaran informasi yang terjadi dengan menggunakan media atau sarana- sarana yang difasilitasi oleh teknologi yang telah berkembang bertujuan untuk membentuk persamaan persepsi.

Penggunaan dan pemanfaatan teknologi, khususnya teknologi komunikasi saat ini seolah telah mendarah daging dan menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat. Teknologi yang terus berkembang menyuguhkan berbagai kemudahan kepada masyarakat dan mendukung mereka untuk melakukan aktifitas sehari-hari terutama dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain pada saat kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Semakin hari semakin banyak orang yang merasa ketergantungan dengan fasilitas yang mereka dapatkan dari pengunaan sebuah teknologi. Hal ini wajar adanya, masyarakat terbiasa melakukan segala sesuatunya secara praktis dengan adanya bantuan dari kecanggihan teknologi moderen yang juga telah berhasil membentuk pola hidup masyarakat yang modern pula.

Setiap penggunaan teknologi tentu memiliki implikasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan manusia, terutama berpotensi untuk mengubah gaya hidup dan cara berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini dapat terjadi karena teknologi memiliki daya pengubah yang besar terhadap perilaku manusia sehingga disadari atau tidak masyarakat pengguna teknologi telah menjadi bagian dari masyarakat modern yang memiliki dependensi yang tinggi terhadap teknologi.

Di bidang komunikasi sosial, khususnya komunikasi interpersonal dan interaktif teknologi telah mengubah cara berinteraksi dan berkomunikasi masyarakat yang diterpa olehnya. Jika dulu komunikasi hanya dapat dilakukan dengan langsung yaitu dengan tatap muka di tempat dan waktu yang sama, kini mereka tak perlu repot- repot melakukan itu semua. Cukup dengan menggunakan telpon, email, atau fasilitas internet lainnya maka jarak dan waktu bukanlah hal yang jadi penghalang lagi bagi masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi.

Saat ini pemanfaat teknologi juga digunakan oleh masyarakat sebagai sarana untuk pemerataan penyebaran informasi secara massal atau yang lebih dikenal dengan komunikasi massa. Perkembangan teknologi mendorong berkembang pesatnya media massa di masyarakat, di mana media menjadi salah satu pilar utama dalam proses pembentukan opini publik. Perkembangan teknologi komunikasi yang terjadi saat ini memunculkan berbagai media dengan tampilan yang bervariatif serta karakteristik yang sesuai dengan ciri khas yang ingin ditonjolkan oleh masing-masing media itu sendiri. Semua itu berperan penting dalam proses pertukaran pesan yang terjadi di antara individu atau kelompok dalam masyarakat modern.

Teknologi memberikan ruang yang lebih luas kepada masyarakat untuk dapat berkreasi dengan berbagai ide dan kreativitas yang tinggi tanpa “batas” sehingga mereka mampu menciptakan peradaban spektakuler seperti yang sedang terjadi di era globalisasi saat ini.

Sumber:

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasi. Jakarta :
Rineka Cipta, 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s