Kode Etik Etika Profesi

Kode etik profesi merupakan norma yang ditetapkan dan diterima oleh sekelompok profesi, yang mengarahkan atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat dan sekaligus menjamin mutu profesi itu dimata masyarakat.

Kode etik profesi ini berfungsi untuk menentukan batasan-batasan tertentu dalam hal menjalankan dunia keprofesian yang digeluti agar tidak merugikan orang lain, dengan kata lain tkode atik ini membrikan standarstandar etika membantu tenaga ahli profesi dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat jika menghadapi suatu permasalahan tanpa merugikan atau menjatuhkan pihak lain.

Apabila anggota kelompok profesi itu menyimpang dari kode etiknya, maka tentu saja kelompok profesi tersebut namanya akan tercemar di mata masyarakat sehingga menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap profesi yang bersangkutan. Namun, kode etik profesi dapat berubah dan diubah seiring perkembangan zaman sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat yang ada termasuk nilai dan norma yang berlaku di dalamnya harus ikut disesuaikan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s