Masyarakat Informasi di Tengah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Masyarakat informasi merupakan sebuah masyarakat di mana orang-orang yang berada di dalamnya bisa mendapatkan segala fasilitas dan keuntungan atas keberadaan teknologi informasi dalam segala aspek kehidupan. Dengan begitu masyarakat informasi dapat dikatakan pula sebagai suatu kondisi di mana proses produksi, distribusi, dan manipulasi informasi telah menjadi hal pokok yang dilakukan oleh masyarakat tersebut.

Perkembangan teknologi informasi tentu saja berkaitan erat dengan proses pengolahan data yang dilakukan secara digital sehingga pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien karena waktu dan biaya yang dibutuhkan jauh lebih minim dibandingkan dengan cara-cara dengan budaya yang masih konvensional dan pemikiran yang konservatif.

Keberadaan teknologi informasi ini sesuai dengan teori difusi inovasi sebagai proses dimana sebuah inovasi dikomunikasikan melalui berbagai saluran dan jangka waktu tertentu dalam sebuah sistem sosial. Hal ini membawa implikasi yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat modern, seperti di bidang ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

Salah satu contoh kecil dari implementasi teknologi informasi misalnya saja adanya perkembangan teknologi informasi dapat merubah cara berbisnis seseorang, dahulu orang-orang berjualan dan bertransaksi secara manual face to face, saat ini mereka sudah tak perlu lagi bertemu hanya untuk sekedar melakukan transaksi, cukup dengan mengirimkan gambar dan spesifikasi produk melalui email atau lainnya selanjutnya pembayaran dapat dilakukan melalui fasilitas yang tersaji di ATM dengan menggunakan jasa transfer yang disediakan di dalamnya.

Masyarakat informasi memiliki karakteristik tertentu sehingga dapat dikatakan sebagai masyarakat yang terbuka akan terpaan teknologi dan informasi. Diantaranya adalah tingginya tingkat kebutuhan akan informasi mengenai isu-isu yang terjadi di sekitar lingkungannya atau di daerah lainnya. Selain itu memiliki kemampuan pertukaran data digitas secara tepat dan jarak yang jauh berbeda, dan juga intensitas penggunaan teknologi informasi yang tinggi pun merupakan ciri-ciri dari masyarakat informasi yang semakin bertambah. .

Dewasa ini penggunaan teknologi informasi di negara-negara berkembang sudah semakin pesat dan memasuki berbagai kebutuhan. Pemakaian perangkat canggih berteknologi komputer jejaring itu dirancang sejak memasuki tahun 2000-an ketika pemanfaatan komputer semakin merata. Pemerintah menjadi salah satu pihak utama yang semakin menunjukkan kebutuhan yang terus meningkat terhadap pemakaian teknologi informasi agar bisa menjadikan kerja-kerja birokrasi lebih efektif dan efisien dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Sebagai konsumen dalam jumlah besar, sudah sepatutnya pemerintah berperan dalam mendorong peningkatan dan mendorong perkembangan teknologi informasi ke arah yangblebih baik lagi. Namun sayangnya, perkembangan yang terjadi tidak disertai dengan pemerataan fasilitas teknologi ke seluruh penjuru sehingga menimbulkan potensi adanya penyebab kesenjangan digital di kalangan masyarakat luas yang berkorelasi dengan  muculnya kesenjangan sosial atas penyebaran informasi yang tidak merata.

Tifatul sembiring mengatakan “Terjadi kesenjangan digital antara pusat dan daerah di Indonesia, kesenjangan itu bisa dilihat dari masih minimnya infrastruktur informasi dan komunikasi di wilayah timur Indonesia”. Menurut Tifatul persoalan teknologi informasi yang di hadapi Indonesia berbeda dengan negara ASEAN lainnya, kesenjangan digital terjadi karena terkait kondisi geografis negara ini yang berupa kepulauan. Kondisi itu menyebabkan akses informasi belum dapat menjangkau seluruh wilayah kepulauan.

Hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Informatif di masa depan, dimana para intelektual dan masyarakatnya dapat terbuka dan aware terhadap informasi sehingga memiliki pemikiran rasional dalam pengambilan keputusan.

Sumber:

  1. http://tonz94.files.wordpress.com/2010/10/masyarakat-informasi1.pdf
  2. http://perananteknologidankomunikasi.blogspot.com/ 2009/10/manfaat-tik-dalam-bernagai-bidang.html
  3. http://kabarit.com/2011/09/menkominfo-terjadi-kesenjangan-digital-di-indonesia/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s