Pengubah Peradaban Bangsa

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini teknologi memegang peranan penting dalam membentuk suatu peradaban baru di setiap era nya. Perkembangan teknologi yang terjadi dari masa ke masa memang menunjukan bahwa kehidupan manusia tak pernah berhenti, selalu bergulir, selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang dinamis dan tidak stagnan.

Teknologi merupakan suatu gagasan yang diciptakan dalam rangka membantu dan memudahkan manusia dalam menjalankan kehidupannya. Semakin tinggi tingkat teknologi yang diciptakan, maka diasumsikan akan semakin mudahlah manusia dalam melakukan sesuatu. Misalnya saja adanya perkembangan pada teknologi komunikasi yang kini memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi secara langsung meskipun berada di belahan bumi yang berbeda di waktu yang sama, yaitu dengan adanya teknologi internet.

Keberadaan teknologi-teknologi seperti ini, khususnya teknologi komunikasi seolah telah menjadi kebutuhan mutlak bagi hajat hidup orang banyak, terutama pada era globalisasi yang kita rasakan saat ini. Melalui fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh berbagai teknologi canggih inilah manusia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya tak terjangkau dan tak bisa dilakukan menjadi lebih mudah untuk dipraktikan tanpa harus menghadapi kendala yang berarti.

Pada perkembangannya, teknologi komunikasi tidak hanya “melayani” kebutuhan secara personal dan interaksi antar dua orang saja, teknologi komunikasi yang semakin pesat digunakan, memungkinkan manusia untuk membuat pesan secara massal kepada masyarakat luas tanpa batas sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini menyebabkan adanya perubah pada berbagai aspek kehidupan manusia, terutama pada perilaku sosial dan budaya.

Terpaan teknologi komunikasi yang semakin canggih membuat manusia merasa nyaman dan terlena dengan kemudahan-kemudahan yang didapatkan ketika menggunakan teknologi komunikasi, tanpa disadari semua itu membawa pengaruh baik itu positif atau pun negatif pada kehidupan mereka., sebagaimana yang dikatakan McLuhan bahwa “Kita membentuk peralatan untuk berkomunikasi, dan akhirnya peralatan untuk berkomunikasi yang kita gunakan itu akhirnya membentuk atau mempengaruhi kehidupan kita sendiri”.

Mengacu pada pernyataan tersebut, dapat kita lihat bahwa teknologi memiliki kekuatan besar dalam membentuk dan mengubah pola kehidupan pada peradaban suatu bangsa. Segala bentuk kemudahan atas teknologi tersebut memiliki konsekuensinya masing-masing, misalnya saja dulu sebelum adanya teknologi berupa internet atau telepon genggam, semua orang mau tak mau harus bertemu dan bertatap muka untuk saling bertukaran pesan, namun seiring berkembang pesatnya kemampuan teknologi komunikasi sekarang tatap muka sudah semakin jarang dilakukan bahkan terkesan sudah tak diperlukan lagi untuk dilakukan.

Jika dilihat dari aspek efektifitas dan efisiensi, penggunakaan teknologi komunikasi ini memang dirasa sangat efektif, tapi ada sesuatu yang hilang atau mungkin terabaikan di sini yaitu suatu nilai dari sebuah pertemuan yang sebenarnya tak bisa didapatkan ketika hal tersebut tak dilakukan atau di”wakilkan” oleh kecanggihan teknologi. Di sinilah letak adanya pergeseran nilai pada perilaku sosial serta perubahan budaya yang terjadi karena adanya perkembangan teknologi khususnya teknologi komunikasi yang sudah terintegrasikan dengan matang.

Namun, terlepas dari pada itu semua tak dapat dipungkiri bahwa teknologi merupakan suatu alat pengubah massa yang mampu mengubah suatu peradaban bangsa dari masa ke masa sesuai dengan fenomena yang terjadi serta perkembangannya berbanding lurus dengan tingkat kebutuhan manusia akan kemudahan yang diinginkan. Teknologi berperan penting dalam menunjang kehidupan manusia di era moderenisasi seperti yang kita rasakan saat ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s