Holistic Beauty: Part 1

Istilah Holistic Beauty sering digunakan untuk promosi produk kecantikan tertentu dan diekpos sebagai perawatan kecantikan menyeluruh secara lahiriah atau fisik. Kebanyakan produsen produk kecantikan tersebut akan mengatakan bahwa produk mereka berasal dari bahan-bahan alami, seperti buah, bunga, herbal, mineral danessential oils; ataupun produk organic serta tidak mengandung bahan kimia buatan.

Holistic Beauty yang dimaksud disini adalah kecantikan yang bukan hanya terdiri atas sekedar kecantikan fisik yang terlihat oleh indera penglihatan, tetapi kecantikan yang tertangkap oleh hati dan jiwa bagi siapa saja yang melihatnya. Kecantikan di sini tidak hanya diperuntukkan bagi kaum hawa tetapi juga mencakup ‘ketampanan’ para adam.

Selama ini seringkali Inner Beauty lebih sering ditujukan kepada wanita karena kata beauty/cantik tersebut, dan untuk pria biasanya dikaitkan dengan simpatik/kharisma sehingga kata Beauty jarang sekali dipadankan dengan pria. Namun, tentu saja holistic yang dimaksud disini mencakup Keelokan Fisik dan Non Fisik, yang artinya cantik secara menyeluruh dan dapat diaplikasikan untuk pria dan wanita.

Dalam buku ini saya berusaha untuk menjabarkan seperti apa kecantikan yang sebenarnya berdasarkan pada pengalaman empiris serta kumpulan data dan berbagai fakta menarik yang saya kumpulkan seputar kecantikan dan dunianya.

Berbagai persepsi dan referensi yang membentuk paradima masyarakat mengenai kecantikan mengatakan bahwa seseorang dapat dikatakan memiliki kecantikan bila ia memenuhi standar atas beberapa indikator tertentu. Secara garis besar ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seseorang sehingga dapat dikatakan memiliki Holistic Beauty dalam dirinya:

  1. Beauty of Mind
  2. Beauty of Soul
  3. Beauty of Appearance
  4. Beauty of  Communnication
  5. Beauty of Spirit

Kelima hal tersebut merupakan roh yang mampu melahirkan kecantikan  alami jiwa dan fisik seseorang. Bayangkan, jika seseorang hidup tanpa adanya pengendalian terhadap Mind (pikiran), Soul (jiwa), Appearance (penampilan), Communication way (cara berkomunikasi) dan Spirit (semangat), atau tidak memiliki salah satu diantaranya maka dapat Anda lihat dan prediksi dengan jelas bahwa ia merupakan orang yang hidup tanpa gairah, tanpa ambisi, tanpa tujuan dan tanpa harapan masa depan. Mengapa begitu?  tentu saja setiap hal di dunia ini memiliki mekanisme hidupnya masing-masing, begitu pun kecantikan. Seseorang tidak dapat dikatakan “cantik” jika ia tidak dapat menjaga dan berlaku layaknya seseorang yang cantik.

Sederhananya seperti  ini, selalu ada pola sejenis hukum sebab akibat yang berlaku dalam setiap peristiwa. Misalnya kasus ini, Mery adalah seorang remaja yang ingin selalu dikatakan menarik dan berkepribadian luhur, tapi dalam kesehariannya ia seringkali bersikap angkuh, bermalas-malasan, bahkan hampir tak memperdulikan penampilannya sehingga terkadang mengganggu orang-orang yang berada di seAndarnya. Bagaimana bisa orang lain mengatakan bahwa Mery sangatlah cantik, sedangkan pada kenyataannya yang terjadi adalah hal sebaliknya, hanya keburukan yang terlihat dan menyelubungi diri Mery. Artinya, Jika Anda ingin memiliki kecantikan secara menyeluruh, tentu Anda juga harus berusaha untuk melatih dan mengendalikan diri agar dapat memiliki perangai serta kepribadian yang baik pula, dengan begitu kecantikan akan datang dengan sendirinya menaungi diri Anda. Pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki lima hal yang saya sebutkan di atas?

Kekuatan pikiran, keteguhan jiwa, daya tarik fisik, kemampuan berkomunikasi, dan semangat yang membara merupakan modal dasar yang menjadi fondasi pembangun kepribadian yang mampu  menciptakan kecantikan diri yang sesungguhnya. Melalui fondasi inilah seseorang berkesempatan untuk mulai menghadirkan kecantikan dalam diri yang tentunya menjadi salah satu penentu kehidupan di masa yang akan datang. Percaya atau tidak, memang seperti itulah faktanya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s