Si Manis yang Baik Hati

Kata cokelat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang kemudian oleh orang-orang Mexico kata tersebut diartikan sebagai minuman pahit. Minuman cokelat pun menjadi minuman abadi sepanjang sejarah peradaban manusia dan disebut-sebut sebagai minuman para dewa.

Dewasa ini cokelat masih menjadi salah satu makanan favorit yang digemari di berbagai belahan dunia. Rasanya yang unik (manis, pahit, atau kombinasi) dan bentuk yang beraneka ragam merupakan alasan mengapa ada banyak orang di dunia ini yang sangat menyukai cokelat bahkan menggilainya.

Banyak orang mengatakan bahwa cokelat adalah makanan yang tidak baik karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang tentunya berpengaruh pada kecantikan seseorang, kandungan gula yang terdapat dalam coklat dapat meningkatkan berat badan, merusak gigi, atau dapat menyebabkan diabetes. Tetapi, apakah mereka tidak tahu bahwa coklat sendiri mengandung banyak hal baik yang bermanfaat bagi tubuh. Coklat mengandung antioksidan (fenol dan flavonoid) yang dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan dalam segi psikis manusia, coklat dapat menimbulkan perasaan rileks. Tidak hanya itu, ternyata coklat juga bermanfaat bagi kecantikan. Nah, bagaimana manfaat coklat untuk kecantikan?

Bagi kecantikan, cokelat dapat membantu meningkatkan kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam cokelat memiliki banyak manfaat bagi kulit, misalnya berfungsi untuk menjaga kelembutan, melembabkan, mengencangkan dan memperhalus kulit. Coklat mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Coklat juga dapat memperlambat penuaan pada kulit, termasuk mencegah kerutan pada wajah.

Saya teringat tips-tips yang diberikan oleh seorang instruktur kecantikan pada saat kami berbincang dalam sebuah acara “Beauty Class” semasa SMA dulu. Ketika itu saya membawa sebatang cokelat ke dalam ruangan yang mungkin terlihat oleh pembicara, secara spontan sang instruktur mengalihkan pembicaraannya pada cokelat yang saya bawa. Tentu saja “penyimpangan” pembicaraan tersebut masih berada dalam koridor kecantikan. Beliau memberikan metode perawatan kulit dengan menggunakan bahan dasar cokelat, seperti di bawah ini:

Bahan:
Dark chocolate (kandungan coklat tinggi)
Susu bubuk putih (full cream)
Garam
Cara:
Cairkan coklat
Campur semua bahan dalam coklat yang telah mencair dan aduk rata
Dinginkan sampai mencapai suhu ruang
Oleskan pada wajah selama 15-30 menit
Susu dan garam dapat pula diganti dengan mentega, gula dan madu bila ingin memberikan efek lembab dan antiseptik pada wajah.

Meskipun terlihat seperti membuat adonan kue, namun hasil yang didapatkan setelah mempraktekannya sangat luar biasa sekali dan patut untuk dicoba. ^^

Intinya, kekhawatiran sebagian orang untuk mengkonsumsi cokelat sangatlah tidak beralasan. Telah terbukti baik secara medis maupun empiris, selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebih, cokelat dapat memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan membantu menambah kecantikan kulit. Jadi, bagi Anda yang mempunyai sahabat, keluarga, atau pasangan yang gemar sekali terhadap cokelat, tak usah khawatir, karena cokelat itu…. Si Manis yang baik hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s