Warna dan Makna

Paduan warna yang menawan: 

      Warna biasanya diidentikan dengan kepribadian seseorang yang menyukai atau mengenakan kecenderungan warna-warna tertentu. Filosofi warna tentunya mampu menginterpretasikan hal- hal yang “tersembunyi” dibalik keindahan pakaian yang dikenakan karena setiap warna memiliki makna tersendiri yang dapat menunjukkan pribadi seseorang tanpa harus dikatakan.

Misalnya saja filosofi warna sebagai berikut:
1. Warna putih
Melambangkan kesucian, kemurnian, kepolosan, kebersihan, dan keluhuran budi, kesederhanaan, Warna putih dapat dimanfaatkan saat ingun menampilkan warna lain serta memberi kesan bersahaja.
2. Warna hitam,
Menggambarkan kemisteriusan,  keanggunan berwibawa, formalitas, kekuatan, dll. Sangat tepat untuk menambahkan kesan misterius,  digunakan untuk menonjolkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.
3. Merah
Memberikan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan. Merah cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang dan membrikan penampilan sensual.
4. Biru
Memberikan kesan Komunikasi, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang.
Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Warna Biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.
5. Hijau
Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisasi mata, memenangkan pikiran, mendorong kreatifitas.
6. Kuning
Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan.
Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada sesuatu yang ingin menunjukan sperasaan bahagia dan kekanakan.
7. Merah Muda
Warna Merah Muda menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah.
8. Ungu
Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, dan harga diri.
9. Orange
Menunjukkan kehangatan, antusiasme, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, ketertarikan, independensi. 
10. Coklat
Menunjukkan Persahabatan, pemikiran yang materialis, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.
11. Abu-abu
Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang.
12. Emas
Mencerminkan prestis (kedudukan), kemewahan,  kebijakan, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi. Warna ini dapat digunakan untuk menunjukan sesuatu yang bernilai tinggi dan kekuasaan yang besar.

Untuk menampilkan kesan elegan, berwibawa, dan kharismatik pemilihan warna pakaian tentunya harus disesuaikan dengan warna kulit, bentuk acara, dan model pakaian itu sendiri.
Misalnya untuk pakaian malam hari seperti jamuan makan malam (gala dinner), pakaian yang dibutuhkan adalah pakaian formal atau semi formal yang elegan dan mungkin sedikit menimbulkan kesan glamour.
Kita dapat memadukan beberapa warna, seperti:
1. Hitam dan merah 
2. Hitam dan emas
3. Hitam dan abu-abu atau silver
4. Hitam dengan biru dongker
5. Merah dengan emas
6. Ungu dengan silver
7. Silver dengan biru dongker
8. Ungu dengan hitam
9. Putih dengan silver
10. Cokelat dengan emas 

Silahkan coba-coba untuk memadu padankan warna satu satu sama lain, lihat kesan yang ditimbulkan dari warna-warna tersebut. Unsur warna tersebut tidak melulu berasal dari pakaian tapi juga dari aksesoris atau perhiasan yang dikenakan, dan ini berlaku bagi pria dan wanita. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s